PENGERTIAN DAN FUNGSI VoIP
VoIP adalah suatu mekanisme teknologi yang memungkinkan
terjadinya percakapan (voice) baik jarak jauh maupun dekat, dengan memanfaatkan
internet (www.total.or.id). Data suara
diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan
paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog teleponbiasa. Terlepas dari
kualitas suara yang tidak sebagus sambungan telepon biasa, para pelaku bisnis
dan pemilik perusahaan mulai melirik penggunaan VoIP terutama untuk menekan
pengeluaran.
Ada beberapa tips yang dapat digunakan sebelum memanfaatkan
VOIP:
1. Anda harus
bersiap terhadap segala kemungkinan, terutama pada perangkat (spare part) yang
diperlukan agar sesuai dengan keinginan. Contohnya, perusahaan anda membutuhkan
instalasi VoIP dengan bandwidth lumayan besar. Maka, butuh satu part OC-3
dengan waktu hingga enam bulan untuk memesan dan memasangnya. Jangan sampai
karena slah perkiraan, anda terpasak makai spesifikasi lain yang tidak sesuai.
2. Anda perlu
menguji kompatibilitas telepon yang digunakan. Pastikan semua telepon pada
computer memilki kemampuan terhubung dengan Power over Ethernet (PoE) dan
tersedia port LAN pada computer untuk mendukung sambungan internet (IP).
Diskusikan dengan karyawan ahli, untuk melihat kemungkinan upgrade kualitas
suara dengan perangkat yang sudah tersedia di kantor.
3. Sosialisasikan
terlebih dahulu kepada semua karyawan dengan tujuan mempersiapkan semua
karyawan dalam pemakaian teknologi tersebut. Gunakan gambar (visual) agar
karyawan memahami dan tidak terus-menerus mengajukan pertanyaan mendasar saat
VoIP terpasang. Perlu dipertimbangkan penggunaan jenis telepon tertentu bagi
karyawan yang membutuhkan komunikasi tingkat tinggi. Jangan segan meminta
bantuan pihak ketiga saat mengalami kesulitan dalam sosialisasi.
4. Lakukan
evaluasi saat VoIP dijalankan apakah memerlukan bandwidth yang lebih besar atau
justru kebutuhan anda jauh dibawah kapasita yang tersedia. Sebagai contoh, jika
ingin menambah luasan bandwidth, anda bias mengubah dari fast Ethernet menjadi
gigabit Ethernet. Memasang instalasi VoIP untuk komunikasi memang masih
terbilang mahal, tapi jika dilihat prospek penghematannya mungkin layak untuk
anda pertimbangkan.
VOIP melewatkan trafik suara, video dan data yang berbentuk
paket melalui jaringan IP. Jaringan IP adalah jaringan komunikasi data yang
berbasis packet switch. Trafik VoIP dibagi menjadi dua bagian transmisi
jaringan yaitu transmisi untuk signaling dan untuk RTP (Realtime Transfer
Protocol). Protokol yang digunakan unuk signaling selalu berbasis TCP (Transfer
Control Protocol) sedang untuk RTP yang digunakan adalah protocol berbasis UDP
(User Datagram Prot))
Kualitas suara
Kualitas suara VoIP dipengaruhi oleh beberapa parameter
yaitu kapasitas bandwidth, tingkat hilang paket dan waktu tunda yang terjadi di
dalam jaringan. Kapasitas bandwidth adalah ketersediaan sumber daya jaringan
dalam bentuk lebar pita yang digunakan untuk mentransmisikan data paket.
Tingkat hilang paket adalahparameter yang menyatakan besarnya laju kesalahan
yang terjadi sepanjang jalur pengiriman data paket dari pengirim ke penerima.
Waktu tunda adalah parameter yang menyatakan rentang waktu yang diperlukan untuk
mengirimkan paket dari pengirim ke penerima.
Bentuk-bentuk
dari VOIP, yaitu:
1. Bentuk paling
sederhana dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer terhubung dengan internet.
Syarat-syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah komputer yang
terhubung ke internet, mempunyai kartu suara yang dihubungkan dengan speakerdan
mikropon. Dengan dukungan perangkat lunak khusus, kedua pemakai komputer bisa
saling terhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain. Bentuk hubungan tersebut
bisa dalam bentuk pertukaran file, suara, gambar. Penekanan utama untuk dalam
VoIP adalah hubungan keduanya dalam bentuk suara. Jika kedua lokasi terhubung
dengan jarak yang cukup jauh (antar kota, antar negara) maka bisa dilihat keuntungan
dari segi biaya. Kedua pihak hanya cukup membayar biaya pulsa internet saja,
yang biasanya akan lebih murah daripada biaya pulsa telepon sambungan langsung
jarak jauh (SLJJ) atau internasional (SLI).
2. Bentuknya
tidak hanya berbentuk komputer yang saling berhubungan, tetapi peralatan lain
seperti pesawat telepon biasa terhubung dengan jaringan VoIP. Jaringan data
digital dengan gateway untuk VoIP memungkinkan berhubungan dengan PABX atau
jaringan analog telepon biasa. Komunikasi antara komputer dengan pesawat
(extension) di kantor adalah memungkinkan. Bentuk komunikasi bukan Cuma suara
saja. Bisa berbentuk tulisan (chating) atau jika jaringannya cukup besar bisa
dipakai untuk Video Conference. Dalam bentuk yang lebih lanjut komunikasi ini
lebih dikenal dengan IP Telephony yang merupakan komunikasi bentuk multimedia
sebagai kelanjutan bentuk komunkasi suara (VoIP). Keluwesan dari VoIP dalam
bentuk jaringan, peralatan dan media komunikasinya membuat VoIP menjadi cepat
popular di masyarakat umum.
Aplikasi VoIP dan Keamanannya
1
Salah
satu aplikasi VoIP yang tersedia adalah Skype. Skype adalah ''software''
aplikasi komunikasi suara berbasis IP melalui internet antara sesama pengguna
Skype. Pada saat menggunakan Skype maka pengguna Skype yang sedang online akan
mencari pengguna Skype lainnya lalu mulai membangun jaringan untuk menemukan
pengguna-pengguna lainnya. Skype memiliki berbagai macam fitur yang dapat
memudahkan penggunanya. Skype juga dilengkapi dengan SkypeOut dan SkypeIn yang
memungkinkan pengguna Skype untuk berhubungan dengan pengguna telepon
konvensional dan telepon genggam.
2 Skype
menggunakan protokol HTTP untuk berkomunikasi dengan Skype server untuk
otentikasi username/password dan registrasi dengan Skype directory server.
Versi modifikasi dari protokol HTTP digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama
Skype client. Keuntungan yang dimiliki aplikasi ini adalah tersedianya layanan
keamanan dalam pentransmisian data yang berupa suara. Layanan keamanan yang
diberikan adalah sebagai berikut :
3 Privacy
4 Skype
menggunakan AES (Advanced Encryption Standard) 256-bit untuk proses enkripsi
dengan total probabilitas percobaan kunci (brute-force attack) sebanyak 1,1 x
E-77 kali, sedangkan untuk proses pertukaran kunci (key exchange) simetriknya menggunakan
RSA 1024-bit. Public key pengguna akan disertifikasi oleh Skype server pada
saat login dengan menggunakan sertifikat RSA 1536 atau 2048-bit. Skype secara
otomatis akan mengenkripsi semua data sebelum ditransmisikan melalui internet.
5 Authentication
6 Setiap
pengguna Skype memiliki sebuah username dan sebuah password. Dan setiap
username memiliki sebuah alamat e-mail yang teregistrasi. Untuk masuk ke sistem
Skype , pengguna harus menyertakan pasangan username dan passwordnya. Jika pengguna
lupa password tersebut maka Skype akan mengubahnya dan mengirimkan password
yang baru ke alamat e-mail pengguna yang sudah teregistrasi. Pendekatan ini
dikenal dengan E-mail Based Identification and Authentication. Dikarenakan
Skype merupakan sistem komunikasi suara maka setiap penggunanya dapat secara
langsung mengidentifikasi lawan bicaranya melalui suaranya.
Keuntungan VoIP
Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan
utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet
maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada
untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika
memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak
diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.
Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon
biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini
menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya
membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang
sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan
PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat
telepon biasa
Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi
jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VoIP Rakyat.
Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung
ke telepon biasa, IP phone handset
Kelemahan dari VoIP
Kualitas suara tidak sejernih jaringan PSTN. Merupakan efek
dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas
suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional. Namun jika koneksi internet yang
digunakan adalah koneksi internet pita-lebar / broadband seperti Telkom Speedy,
maka kualitas suara akan jernih - bahkan lebih jernih dari sambungan Telkom dan
tidak terputus-putus.
Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi
suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan
VoIP. Kecuali jika menggunakan koneksi Broadband (lihat di poin atas).
Regulasi dari pemerintah RI membatasi penggunaan untuk
disambung ke jaringan milik Telkom.
Jika belum terhubung secara 24 jam ke internet perlu janji
untuk saling berhubungan.
Jika memakai internet dan komputer di belakang NAT (Network
Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VoIP
tersebut berjalan
Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP melewati
internet.
Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan
antara VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal.
Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka harga peralatan tersebut juga
mulai turun harganya.
Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/Stuck. Jika
pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan data yang ada menjadi
penuh jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan bandwidth adalah perlu agar
jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP.
Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan
menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran.
Jenis Protocol Pada VoIP
- H.323
- Media Gateway Control Protocol (MGCP)
- Session Initation Protocol (SIP)
- Real Time Transport Protocol (RTP)
- Session Description Protocol (SDP)
- Inter Asterisk Exchange (IAX)
Contoh Aplikasi yang berbasis VoIP yang dapat digunakan di smartphone :
- > Nimbuz
- > Skype
- > CSipSimple
- > Voiper
- > SIPdroid .dll
TahapanKonfigurasi :
Sampai sejauh ini langkah konfigurasi sudah selesai, yang perlu kita lakukan sekarang adalah menyalakan IP Phone dengan meng-klik IP Phone, pilih mode Physicalkemudian hubungkan adaptor ke power chord IP Phone dengan cara Drag n Drop.
- . Setting IP Address router 2. Setting IP DHCP Pool3. Setting telephony service pada router4. Setting Vlan Voice 1 di switch5. Setting Dial number di Router6. Menyalakan IP Phone7. Melakukan panggilan
1. Seting IP Addres router
Klik pada router, pilih Tab CLI kemudian ketikan perintah berikut :
Continue with configuration dialog? [yes/no]: n
Press RETURN to get started!
Router>enable
Router#configure terminal
Router(config)#interface fastEthernet 0/0
Router(config-if)#ip address 192.168.1.1 255.255.255.0
Router(config-if)#no shutdown
Router(config-if)#exit
Router(config)#
2. Seting IP DHCP
Masih pada mode konfigurasi CLI router, ketikan perintah berikut :
Router(config)#ip dhcp pool VOICE
Router(dhcp-config)#default-router 192.168.1.1
Router(dhcp-config)#network 192.168.1.0 255.255.255.0
Router(dhcp-config)#option 150 ip 192.168.1.1
Router(dhcp-config)#exit
Router(config)#ip dhcp excluded-address 192.168.1.1
- pada perintah diatas "ip dhcp pool VOICE" artinya membuat sebuah DHCP service dengan nama "VOICE".
- perintah "default-router 192.168.1.1" untuk menset alamat tsb sebagai gateway.
- perintah "network 192.168.1.0 255.255.255.0" untuk menset network dan subnetmask untuk DHCP.
- perintah "option 150 ip 192.168.1.1" untuk menset option 150 untuk ip tsb (option untuk memberikan alamat ip dari daftar TFTP server)
- perintah "ip dhcp excluded-address 192.168.1.1" untuk mengeluarkan alamat 192.168.1.1 (router) agar ketika ada DHCP request, ip tidak diberikan ke DHCP client sehingga tidak terjadi conflict.
3. Seting Telephony service
Lanjut konfigurasi telephony service ada router, ketikan perintah berikut :
Router(config)#telephony-service
Router(config-telephony)#max-dn 5
Router(config-telephony)#max-ephones 5
Router(config-telephony)#ip source-address 192.168.1.1 port 2000
Router(config-telephony)#auto assign 1 to 5
Router(config-telephony)#auto assign 4 to 6
Router(config-telephony)#auto assign 1 to 5
Router(config-telephony)#auto assign 4 to 6
Router(config-telephony)#exit
Router(config)#
- pada perintah diatas "max-dn 5" untuk menentukan max jumlah dial number.
- perintah "max-ephones 5" untuk menset jumlah IP Phone yang dapat ter-register dalam satu waktu.
- perintah "network 192.168.1.0 255.255.255.0" untuk menset network dan subnetmask untuk DHCP.
- perintah "ip source-address 192.168.1.1 port 2000" untuk menset ip router lokal dan port layanan komunikasi.
4. Seting Voice Vlan 1 di switch
Pada konfigurasi ini kita akan men-set port untuk mengakses vlan voice, Klik pada Switch, pilih Tab CLI kemudian ketikan perintah berikut :
Press RETURN to get started!
Switch>enable
Switch#configure terminal
Switch(config)#interface range fastEthernet 0/1 - 5
Switch(config-if-range)#switchport mode access
Switch(config-if-range)#switchport voice vlan 1
Switch(config-if-range)#exit
Switch(config)#exit
Switch#copy running-config startup-config
Destination filename [startup-config]? (enter)
Building configuration...
[OK]
Destination filename [startup-config]? (enter)
Building configuration...
[OK]
- pada perintah diatas "interface range fastEthernet 0/1 - 5" untuk melakukan konfigurasi pada beberapa interface sekaligus.
- perintah "switchport mode access" untuk masuk ke mode access switch.
- perintah "switchport voice vlan 1" untuk menset interface 0/1 - 0/5 untuk mengakses voice vlan 1.
5. Setting Dial number di Router
Klik kembali pada router, buka mode konfigurasi CLI, ketikan perintah berikut :
Router(config)#ephone-dn 1
Router(config-ephone-dn)#number 1001
Router(config-ephone-dn)#exit
Router(config-ephone-dn)#number 1001
Router(config-ephone-dn)#exit
Karena kali ini kita menambahkan 3 IP Phone, lakukan kembali konfigurasi dial number untuk ephone-dn 2 dan ephone-dn 3 :
Router(config)#ephone-dn 2
Router(config-ephone-dn)#number 1002
Router(config-ephone-dn)#exit
Router(config-ephone-dn)#number 1002
Router(config-ephone-dn)#exit
Router(config)#ephone-dn 3
Router(config-ephone-dn)#number 1002
Router(config-ephone-dn)#exit
Router(config)#exit
Router(config-ephone-dn)#number 1002
Router(config-ephone-dn)#exit
Router(config)#exit
Router(config)#copy running-config startup-config
Destination filename [startup-config]? (enter)
Building configuration...
[OK]
6. Menyalakan IP Phone
Hubungkan adaptor pada semua IP Phone, setelah power dihubungkan, IP Phone akan mulai menyala dan melakukan konfigurasi dengan melakukan DHCP Request dan mencari server yang menyediakan DHCP server/telephony service terdekat di jaringan tersebut. seting didapat dari server melalui TFTP server.
Untuk melihat IP Phone yang telah terkonfigurasi, klik IP Phone dan buka mode GUI, maka akan terlihat nomor telepon yang telah kita alokasikan.
7. Melakukan Panggilan
Untuk melakukan panggilan dari IP Phone, klik pada salah satu IP Phone, kemudian buka mode GUI dan masukan nomor telepon yang dituju dan tekan enter atau klik pada gagang telpon dan telpon dengan nomor yang dituju akan mulai menyala dan berdering
Tekan enter atau klik pada gagang telpon untuk menerima panggilan. keterangan connected berarti telpon sudah salih terhubung ^^.








Tidak ada komentar:
Posting Komentar